SD Integral Luqman Al-Hakim Trenggalek, merupakan salah satu pendidikan integral yang menyebar diseluruh nusantara dan
berada di lingkungan kampus Pondok
Pesantren Hidayatullah Trenggalek, yang memiliki visi membangun peradaban Islam.
Terletak di wilayah yang tenang, aman, dan nyaman dengan konsep miniatur
masyarakat islami sebagai wahana aplikasi pendidikan integral berbasis tauhid .
Seluruh proses pendidikan di SD Integral Luqman
al-Hakim, bertujuan untuk mengenalkan Allah Ta’ala sebagai Tuhannya, Nabi
Muhammad SAW sebagai tauladannya, dan Al-Qur’an sebagai pedoman hidupnya. Akhlaqul
karimah ditanamkan melalui pembiasaan dan membaca Al-Qur’an dilakukan
setiap hari. Memperhatikan kebutuhan anak merupakan sesuatu yang sangat penting
bagi sekolah ini. Hal tersebut dimaksudkan agar setiap anak dapat menikmati
saat-saat yang paling indah dan menyenangkan dalam hidupnya.
Dengan pendekatan berbagai metode pembelajaran
serta mengaplikasikan Integral Learning dan Multiple Intelligence,
serta proses pembelajaran yang sesuai
tahap perkembangan anak, diharapkan tumbuh dalam diri anak minat belajar yang
tinggi serta anak mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Sehingga, anak-anak
kita kelak menjadi muslim-muslimah yang
tidak kehilangan jati diri sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya.
Karakter ideal yang dibangun :
1. Karakter spiritual keagamaan
·
Tumbuh
kesadaran menjalankan sholat wajib dan sunnah, serta ibadah sehari-hari
lainnya.
·
Senang dan
terampil membaca Al-Qur’an, serta mampu menghafal juz 29 dan 30.
·
Tertanam
jiwa hormat dan berbakti kepada Ayah dan Ibu
·
Mempunyai
kebiasaan hormat dan patuh kepada ustadz dan ustadzah
·
Memiliki
rasa keingintahuan yang tinggi terhadap ilmu-ilmu yang baru
·
Senantiasa
menjalin hubungan yang akrab terhadap sesama
2. Memiliki pemahaman aqidah dan syakhsyiah islamiyah ( kepribadian islam ) yang benar.
3. Karakter pembelajar
·
Tumbuh minat
belajar yang tinggi.
·
Gemar membaca
dan terampil menulis.
·
Berpikir
logis dan analitis.
4. Karakter terampil dan mandiri
·
Terampil
bergaul dan berkomunikasi dengan sopan.
·
Terampil
mengurus diri sendiri.
·
Mampu
menyelesaikan tugas-tugas sederhana.
Adapun tenaga pendidiknya adalah sebagai berikut :
No
|
NAMA
|
KUALIFIKASI PENDIDIKAN
|
JABATAN
|
1
|
Aris Gunawan, S.Pd.I
|
D2 PGSD/MI,
S1
PAI, S2 Manajemen
Pendidikan Islam
|
Kepala Sekolah
Guru IPA, TIK
|
2
|
Said Mukmin, S.Pd
|
S1 Bahasa Inggris
|
Guru Mapel, Al Qur’an, BK, Kesiswaan
|
3
|
Titis Ismail Arafat, S.Pd
|
S1 Bahasa Inggris, S2 Manajemen Pendidikan Islam
|
Waka Kurikulum, Wali Kelas 6
|
4
|
Rina Fitria, S.Pd
|
S1 Matematika
|
Wali Kelas 5
|
5
|
Humaidi, S. Sos. I
|
S1 Sarjana Sosial Islam
|
Wali Kelas 4
|
6
|
Asih, S.Pd.I
|
S1 Pendidikan Agama Islam
|
Walas Kelas 3
|
7
|
Wiji Widayani, S.Pd.I
|
S1 Pendidikan Agama Islam
|
Wali Kelas 2
|
8
|
Muryani, S.Pd.I
|
S1 Bahasa Indonesia
|
Wali Kelas 1
|
9
|
Helviana Yusni, S.Pd
|
S1 Bahasa Indonesia
|
Guru Mapel
|
10
|
Hariyanto
|
S1 Penjaskes
|
Guru Olah Raga
|
11
|
Ulfatul Muarofah
|
S1 Matematika
|
Guru Mapel, Admin / TU
|
12
|
M. Istam
|
S1 PKn
|
Bendahara Sekolah
|